Alasan di Balik Dipanggilnya Marc Klok ke Timnas Indonesia

  • Whatsapp
Alasan di Balik Dipanggilnya Marc Klok ke Timnas Indonesia

SUPERBALL.ID – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akhirnya buka suara mengenai dipanggilnya pilar Persija Jakarta, Marc Klok ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia.

Sebelumnya pada Senin, (26/4/2021) Shin memanggil 34 pemain untuk mengikuti TC Timnas Indonesia.

Rencananya pemusatan latihan ini akan berlangsung 10 hari dari 1 Mei 2021 di Jakarta.

Pemusatan latihan timnas Indonesia kali ini ditujukan untuk persiapan menjelang tiga laga Kulifikasi Piala Dunia 2022 Grup G yang dijadwalkan dihelat di Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021.

Salah satu pemain naturalisasi yang dipanggil adalah Marc Klok.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2021 – Quartararo Bersinar Lagi, Marc Marquez Ketinggalan

Dia juga menjadi pemain naturalisasi pertama yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Sebelumnya, Shin Tae-yong yang bertugas sejak akhir 2019 hanya pernah memanggil pemain keturunan seperti Elkan Baggott, Jack Brown, hingga Kelana Mahesa.

Ketiga nama itupun dipanggil Shin Tae-yong untuk timnas U19 Indonesia. Terkait alasan di balik keputusan memanggil Marc Klok, Shin Tae-yong akhirnya memberi penjelasan ketika diwawancarai oleh media asal Korea Selatan, Sports Seoul.

Dalam keterangannya, Shin Tae-yong mengaku sudah mengamati Marc Klok sejak lama.

Selain itu Shin juga membantah tuduhan yang menyebut dirinya ikut dalam proses percepatan naturalisasi Marc Klok demi Timnas Indonesia.

Baca Juga: Depak Farshad Noor, Persib Dekati Pemain Asing Asia Berlabel Timnas

“Itu pemahaman keliru. Klok telah lama aktif bermain di Indonesia. Dia sudah memenuhi semua syarat untuk proses naturalisasi,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Sports Seoul.

“Marc Klok melakukan naturalisasi di level klub dan memperoleh kewarganegaraan Indonesia pada Oktober 2020,” ujar Shin Tae-yong.

“Saya menonton Liga Indonesia dan melihat Klok. Saya dengar dia sudah menjadi pemain naturalisasi sehingga saya memilihnya,” ucap Shin Tae-yong menambahkan.

Sebelumnya Klok adalah pemain kelahiran Amsterdam, Belanda yang memutuskan meniti karier di Indonesia tahun 2017.

Tim pertama yang dia bela adalah PSM Makassar dan kemudian di tahun 2020 dia memutuskan pindah ke Persija Jakarta.

Terkini, Marc Klok sukses mengawinkan trofi juara Piala Menpora 2021 dengan gelar Pemain Terbaik turnamen bersama Persija Jakarta.

Marc Klok kini berusia 28 tahun dan pada akhirnya dipanggil timnas senior Indonesia untuk pertama kalinya sejak menjadi WNI tahun lalu.

Dalam daftar pemain pilihan Shin Tae-yong kali ini, terdapat tiga peman lain yang juga pertama kali dipanggil timnas senior Indonesia.

Mereka adalah Altalariq Ballah (Persita Tangerang), Saddam Emiruddin (PS Sleman), dan Irfan Jauhari (Persis Solo).



Read More

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *