Kamar Mandi Minimalis dengan Sentuhan Kayu? Kenapa Enggak, Ini Tipsnya Bun

  • Whatsapp
Kamar Mandi Minimalis dengan Sentuhan Kayu? Kenapa Enggak, Ini Tipsnya Bun

Rumah minimalis kerap dikaitkan dengan kesan kaku dan dingin. Padahal, Bunda juga bisa, lho, mempertahankan kesan ‘hangat’ di rumah dengan menambah ornamen yang tepat di beberapa ruangan, seperti kayu di kamar mandi, misalnya.

Kayu tak jarang menjadi sebagai bahan utama dalam ide desain kamar mandi. Warna coklat dengan garis-garis serat memang cocok untuk mematahkan nuansa kaku. Hasilnya pun sangat menakjubkan jika diterapkan dengan benar.

Ide penggunaan kayu untuk kamar mandi minimalis ini memanfaatkan garis-garis tajam, suasana lapang, dan meninggalkan dekorasi berlebihan agar tercipta ruangan luas sehingga jauh dari kesan berantakan.


Dilansir dari The Spruce, berikut ini tips untuk membuatnya.

1. Lantai kayu

Jika ingin membuat kamar mandi seperti layaknya tempat spa, maka Bunda bisa mewujudkannya dengan mengganti ubin lama menjadi ubin papan kayu. Lantai kayu berada di daftar yang harus dimiliki banyak pemilik rumah, karena semakin popular untuk diaplikasikan pada kamar mandi.

Lantai kayu akan terlihat sangat bagus bila dipasangkan dengan kerikil, serta tambahan unsur tanaman dalam ruangan, seperti pakis atau sukulen hias. Kombinasi ubin kayu dan tanaman akan memberikan kesan ‘oasis’ yang indah pada kamar mandi minimalis Bunda.

2. Kabinet kayu

Kabinet yang terdiri dari perpaduan kayu dengan unsur keramik dan logam menambahkan sentuhan mewah pada ruang, sekaligus bernilai tinggi dalam hal kepraktisan.

Ada beberapa cara untuk melindungi kayu dari cipratan air, seperti tung oil yang digunakan sebagai lapisan (coating) lantai kayu atau kayu lainnya. Tung oil sangat ramah lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan natural, tahan lama, mengkilap dan tahan air.

Selain itu, tung oil juga tidak beracun, mudah untuk di aplikasikan dan dapat memperbaiki goresan.

3. Kayu daur ulang

Kayu daur ulang atau yang lebih dikenal dengan istilah reclaimed wood merupakan kayu solid yang sejatinya sudah digunakan sejak dulu, dan kini menjadi pilihan gaya dan populer untuk mendekorasi dan meningkatkan bangunan komersial dan rumah minimalis nan modern.

Berbagai kelebihan yang dimilikinya membuat kayu daur ulang tetap diminati meskipun sudah termakan usia. Untuk jenis kayunya, Bunda bisa memilih jati, ulin, atau ramin. Kayu tersebut memiliki tampilan yang unik dan artistik berkat guratan-guratan yang dihasilkannya.

Untuk tips lainnya, klik halaman berikutnya, Bunda!

[Gambas:Video Haibunda]

Read More

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *